TEKNOLOGI

INFORMIX

IBM Informix adalah keluarga sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dikembangkan oleh IBM. Hal ini diposisikan sebagai data server utama IBM untuk memproses transaksi online (OLTP) serta solusi terpadu. IBM mengakuisisi teknologi Informix pada tahun 2001. 

Sejarah

Informix Software Anak Perusahaan Jenis 
Didirikan 1980 (sebagai Sistem Basis Data Relasional) 
Tokoh penting Roger Sippl, Laura King (pendiri) 
Pemilik (s) IBM 

Roger Sippl dan Laura King bekerja di Cromemco, sebuah perusahaan S-100/CP/M awal, di mana mereka mengembangkan sebuah database relasional kecil yang didasarkan pada teknik ISAM, sebagai bagian dari paket perangkat lunak laporan-penulis. 

Sippl dan Raja kiri Cromemco untuk menemukan Relational Database System (RDS) pada tahun 1980. Produk pertama mereka, Marathon, pada dasarnya merupakan versi 16-bit ISAM kerja mereka sebelumnya, terlebih dahulu tersedia di C8000 dari Onyx Systems. 

Pada RDS, mereka mengalihkan perhatian mereka ke pasar RDBMS muncul dan merilis produk mereka sendiri sebagai Informix (informasi pada Unix) pada tahun 1981. Ini termasuk bahasa Informer mereka. Ini menampilkan ACE penulis laporan, digunakan untuk mengambil data dari database dan menyajikannya kepada pengguna untuk membaca mudah. Hal ini juga menampilkan bentuk tool layar PERFORM, yang memungkinkan user untuk secara interaktif query dan mengedit data dalam database. Rilis terakhir dari produk ini adalah versi 3,30 pada awal 1986. 

Pada tahun 1985, mereka memperkenalkan mesin baru SQL query berbasis sebagai bagian dari Informix-SQL (atau ISQL) versi 1.10 (versi 1.00 tidak pernah dirilis). Produk ini juga termasuk varian SQL ACE dan PERFORM. Perbedaan paling signifikan antara ISQL dan produk Informix sebelumnya adalah pemisahan kode akses database ke dalam sebuah proses mesin (sqlexec), daripada embedding secara langsung pada klien – sehingga pengaturan panggung untuk komputasi client-server dengan database yang berjalan di mesin yang terpisah dari mesin pengguna. The ISAM berbasis mesin penyimpanan file yang mendasari dikenal sebagai C-ISAM. 

Melalui Informix awal 1980-an tetap menjadi pemain kecil, tetapi sebagai Unix dan SQL tumbuh di popularitas pada pertengahan 1980-an, nasib mereka berubah. Pada 1986 mereka telah menjadi cukup besar untuk mengapung IPO yang sukses, dan mengubah nama perusahaan untuk Informix Software. Produk termasuk Informix-SQL versi 2,00 dan Informix-4GL 1,00, keduanya termasuk mesin database serta alat-alat pengembangan (I4GL untuk programmer, ISQL untuk non-programmer).

Serangkaian rilis diikuti, termasuk mesin pencarian baru, awalnya dikenal sebagai Informix-Turbo. Turbo menggunakan RSAM baru, dengan kinerja manfaat besar multi-pengguna melalui C-ISAM. Dengan rilis produk versi 4,00 pada tahun 1989, Turbo diubah namanya Informix-OnLine (sebagian karena diizinkan backup database koheren sementara server online dan para pengguna memodifikasi data), dan server asli berdasarkan C-ISAM dipisahkan dari alat (ISQL dan I4GL) dan bernama Informix-SE (Standard Engine). Version 5.00 dari Informix OnLine dirilis pada akhir tahun 1990, dan termasuk transaksi dukungan penuh didistribusikan dengan dua-tahap melakukan dan prosedur yang tersimpan. Versi 5.01 dirilis dengan dukungan untuk memicu juga. 

Pada tahun 1988, Informix dibeli Inovatif Perangkat Lunak, Pembuat DOS dan sistem perkantoran berbasis Unix yang disebut SmartWare dan WingZ, program spreadsheet untuk Macintosh Apple. 

WingZ menyediakan antarmuka pengguna grafis, didukung lebih besar, 32768×32768 spreadsheet dimensi, dan menawarkan pemrograman dalam bahasa HyperCard seperti yang dikenal sebagai HyperScript. Rilis asli terbukti berhasil, menjadi nomor dua spreadsheet, Di belakang Microsoft Excel. Pada tahun 1990, pelabuhan WingZ mulai muncul untuk beberapa platform lainnya, sebagian besar varian Unix. Selama periode ini, banyak lembaga keuangan mulai berinvestasi di workstation Unix sebagai rute untuk meningkatkan “mendengus” desktop yang diperlukan untuk menjalankan model keuangan besar. Untuk periode yang singkat, Wingz berhasil dipasarkan ke ceruk ini. Namun itu menderita kekurangan sumber daya pengembangan dan pemasaran. Pada awal 1990-an WingZ telah menjadi tidak kompetitif, dan Informix akhirnya menjualnya pada tahun 1995. Informix juga menjual lisensi untuk Claris, yang dikombinasikan dengan GUI yang agak diperbarui Claris Putuskan. Dynamic Scalable Arsitektur 

Dengan kegagalan dalam produk-produk otomatisasi kantor, Informix memfokuskan kembali di pasar database server berkembang. Pada tahun 1994, sebagai bagian dari kerjasama dengan Sistem Komputer Sekuen, Informix merilis versi 6,00 database server, yang menampilkan baru Dynamic Scalable Arsitektur, DSA. 

DSA melibatkan ulang utama mesin inti dari produk, yang mendukung baik paralelisme horisontal dan vertikal paralelisme, dan berdasarkan inti multi-threaded cocok terhadap sistem multiprocessing simetris yang Sekuen dirintis dan vendor besar seperti Sun Microsystems dan Hewlett-Packard akhirnya akan menindaklanjuti. Kedua bentuk paralelisme membuat produk yang mampu tingkat pasar terkemuka skalabilitas, baik untuk OLTP dan data pergudangan. 

Sekarang dikenal sebagai Informix Dynamic Server (setelah sebentar menghibur nama Obsidian dan kemudian bernama Informix OnLine Dynamic Server), Versi 7 menghantam pasar pada tahun 1994. Versi 7 konsisten memenangkan tolok ukur kinerja. 

Bangunan pada keberhasilan Versi 7, Informix split inti database investasi pembangunan menjadi dua usaha. Salah satu upaya, pertama dikenal sebagai XMP (untuk eXtended Multi-Processing), menjadi garis Versi 8 produk, juga dikenal sebagai XPS (untuk Server Paralel eXtended). Upaya ini difokuskan pada perangkat tambahan pada data pergudangan dan paralelisme dalam platform high-end, termasuk platform shared-tidak seperti IBM RS-6000/SP. 

Fokus kedua, yang diikuti pembelian akhir 1995 dari ilustrasi, terkonsentrasi pada objek-relasional (OR) teknologi database. Ilustrasi, ditulis oleh mantan anggota tim Postgres dan dipimpin oleh database pelopor Michael Stonebraker, mencakup berbagai fitur yang memungkinkan untuk kembali sepenuhnya terbentuk objek langsung dari database, fitur yang secara signifikan dapat mengurangi waktu pemrograman dalam banyak proyek. Ilustrasi juga termasuk fitur yang dikenal sebagai DataBlades yang memungkinkan tipe data baru dan fitur yang akan dimasukkan dalam server dasar sebagai pilihan. Ini termasuk solusi untuk sejumlah masalah SQL berduri, yaitu time series, spasial dan data multimedia. Informix terintegrasi ilustrasi’s pemetaan OR dan DataBlades ke dalam produk OnLine 7.x, sehingga Informix Universal Server (IU), atau lebih umum, Versi 9. 

Kedua versi baru, V8 (XPS) dan V9 (IU), muncul di pasaran pada tahun 1996, membuat Informix pertama dari “tiga besar” perusahaan database (yang lainnya adalah Oracle dan Sybase) untuk menawarkan built-in mendukung ATAU. Komentator perhatian khusus pada DataBlades, yang segera menjadi sangat populer: puluhan muncul dalam waktu satu tahun, porting ke arsitektur baru setelah kemitraan dengan ilustrasi. Ini vendor lainnya meninggalkan scrambling, dengan Oracle memperkenalkan “dicangkokkan pada” paket untuk dukungan time-series pada tahun 1997, dan Sybase beralih ke pihak ketiga untuk paket eksternal yang masih merupakan solusi tidak meyakinkan. 

Meskipun Informix mengambil teknologi memimpin di pasar perangkat lunak database, rilis produk mulai jatuh di belakang jadwal pada tahun 1996 akhir. Terganggu dengan masalah teknis dan pemasaran, pengembangan produk aplikasi baru, Informix-NewEra, segera dibayangi oleh bahasa pemrograman Java muncul. Michael Stonebraker telah berjanji bahwa teknologi ilustrasi akan diintegrasikan dalam waktu satu tahun setelah akuisisi akhir 1995, tetapi karena Gartner Group telah diramalkan, integrasi yang dibutuhkan lebih dari 2 tahun. Tidak senang dengan arah baru dari perusahaan, XPS memimpin Kelley arsitek Gary tiba-tiba mengundurkan diri dan bergabung dengan arch-rival Oracle Corporation di awal 1997, dengan 11 pengembang dengan dia Informix. Akhirnya digugat Oracle untuk mencegah hilangnya rahasia dagang. 

Kegagalan dalam pemasaran dan kepemimpinan tidak menguntungkan di misgovernance perusahaan dibayangi keberhasilan teknis Informix’s. Pada tanggal 1 April 1997, Informix, mengumumkan bahwa pendapatan kuartal pertama jatuh pendek dari harapan sebesar $ 100 juta. CEO Phillip Putih menyalahkan kekurangan pada hilangnya fokus pada bisnis inti database sementara mengerahkan sumber daya terlalu banyak untuk teknologi object-relational kerugian operasi besar dan PHK diikuti.. Informix-lain pendapatan kembali dari tahun 1994 sampai 1996. Sebuah jumlah yang signifikan dari pendapatan dari pertengahan 1990-an penjualan perangkat lunak yang terlibat lisensi kepada mitra yang tidak menjual melalui ke pelanggan pengguna akhir, ini dan lainnya irregularies menyebabkan melebih-lebihkan pendapatan dengan lebih dari $ 200 juta. Bahkan setelah keberangkatan White pada bulan Juli 1997, perusahaan terus berjuang dengan praktek akuntansi, kembali menyatakan laba lagi pada awal 1998.

Meskipun tuduhan misgovernance terus menghantui Informix, kemampuan Informix Dynamic Server (IDS) mulai menguat. kepemimpinan baru mulai muncul juga. Kutipan dari edisi 1998 22 September dari artikel PC Magazine di 100 perusahaan teratas yang mengubah cara Anda menghitung: 

… Oracle Informix sedang berjuang melawan saingan dalam objek / arena relasional dengan memperluas andalannya Informix Dynamic Server dengan Opsi Data Universal. Setelah tahun yang penuh gejolak yang termasuk audit bermasalah, Robert Finnocchio ditunjuk sebagai CEO baru perusahaan California Menlo Park,. Dengan 1997 pendapatan $ 662.300.000, Informix telah mulai memperkuat posisinya di pasar database. 

Pada bulan November 2002, Phillip Putih, mantan CEO Informix digulingkan pada tahun 1997, didakwa oleh dewan juri federal dan diisi dengan delapan jumlah efek, kawat, dan penipuan mail. Dalam tawar-menawar pembelaan tiga belas bulan kemudian, ia mengaku bersalah hitungan satu pengajuan pernyataan pendaftaran palsu dengan US Securities and Exchange Commission. 

Pada bulan Mei 2004, Departemen Kehakiman mengumumkan Putih dijatuhi hukuman dua bulan di penjara federal untuk penipuan sekuritas, denda sebesar $ 10.000, bersama dengan periode dua tahun dari rilis diawasi dan 300 jam pelayanan masyarakat. Pengumuman mencatat bahwa jumlah kerugian kepada para pemegang saham dari pelanggaran, tidak bisa wajar diperkirakan di bawah fakta kasus kesepakatan pembelaan sebelumnya White sudah. waktu terbatas penjara tidak lebih dari 12 bulan. 

warga negara Jerman dan penduduk Walter Königseder, perusahaan Wakil Presiden yang bertanggung jawab atas operasi di Eropa, juga didakwa oleh juri federal tapi Amerika Serikat telah mampu untuk mengamankan ekstradisi. 

Pada bulan November 2005, sebuah buku merinci naik dan turun dari Informix Software dan CEO Phil White diterbitkan. Ditulis oleh Informix waktu lama Karyawan, Kisah Nyata Informix Software dan Phil Putih: Pelajaran dalam Bisnis dan Kepemimpinan untuk tim Eksekutif.

Mulai tahun 2000, peristiwa besar dalam sejarah Informix tidak lagi berpusat pada inovasi teknis. Tahun itu, pada bulan Maret, Informix diperoleh Ardent Software, sebuah perusahaan yang memiliki sejarah merger dan akuisisi sendiri. akuisisi itu menambahkan mesin multi-dimensi alam semesta dan UniData (dikenal secara kolektif sebagai U2) ke dalam daftar sudah-banyak dari mesin database pada saat itu, yang mencakup tidak hanya produk warisan Informix, tapi mesin SQL datawarehouse berorientasi dari Red Brick dan 100% Jawa versi SQL, Cloudscape (yang kemudian dibundel dengan implementasi referensi J2EE). 

Sebelum pembelian, jajaran produk Informix termasuk: 

* Informix C-ISAM – versi terbaru dari database asli Marathon 
* Informix SE – ditawarkan sebagai sistem low-end untuk embedding ke dalam aplikasi
* Informix OnLine – sebuah sistem yang kompeten untuk mengelola database ukuran medium 
* Informix Extended Paralel Server (XPS, V8) – versi high-end dari basis kode V7 untuk digunakan pada mesin didistribusikan besar 
* Informix Universal Server (V9) – kombinasi dari mesin OnLine V7 dengan pemetaan OR dan dukungan DataBlade dari ilustrasi 
* Informix-4GL – Sebuah bahasa generasi keempat untuk pemrograman aplikasi 
* Red Brick Warehouse – produk data warehouse 
* Cloudscape – sebuah RDBMS ditulis seluruhnya di Jawa yang sesuai ke perangkat mobile di ujung-rendah dan arsitektur J2EE berbasis pada high end. Pada tahun 2004 Cloudscape dirilis oleh IBM sebagai database Open Source yang akan dikelola oleh Apache Software Foundation di bawah nama Derby. 
* U2 suite, Universe dan UniData – multidimensional database yang menawarkan jaringan, hirarki, array dan format data lain sulit untuk model di SQ.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s