RAMAIKAN MALAM MINGGU DI SUDIRMAN

DESTINASI WISATA BARU: Kelompok Instrumental Biola Palembang bersama pekerja seni dan komunitas lainnya siap all out meramaikan gelaran Pedestrian Wisata Sudirman setiap Jumat-Sabtu malam yang digagas Dinas Pariwisata Kota Palembang. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

DESTINASI WISATA BARU: Kelompok Instrumental Biola Palembang bersama pekerja seni dan komunitas lainnya siap all out meramaikan gelaran Pedestrian Wisata Sudirman setiap Jumat-Sabtu malam yang digagas Dinas Pariwisata Kota Palembang. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres– 

PALEMBANG – Pekerja seni dan komunitas di Palembang, siap meramaikan malam Minggu di Pedestrian Wisata Sudirman. Pentas jalanan yang digagas Dinas Pariwisata ini digelar dua kali dalam sepekan, Jumat dan Sabtu malam.
Pendiri Kelompok Instrumental Biola Palembang, Selamat Hidayat, mendukung kegiatan yang dilakukan pemkot dalam menambah destinasi wisata baru. Untuk itu dirinya bersama player lain, akan menyiapkan lagu khas Palembang yang diiringi musik Minus One. “Perlu banyak lagi persiapan untuk bisa tampil setiap minggunya,” ucapnya.
Senada dikatakan anggota Komunitas Cosplay Palembang, Satria. Saat launching Rabu malam lalu, banyak banyak pengunjung yang minta foto bersama. Kala itu yang mereka bawa, kostum Power Ranger, Batman, dan superhero lainnya. “Mungkin nanti akan menambah kostum baru,” sebutnya.
Sementara Argo, koordinator pengisi acara, mengungkapkan sementara waktu selain kuliner, juga akan diisi dengan penampilan dari cosplay dan biola. “Ada pula kesenian pendukung lain, yang tengah kami rapatkan,” katanya, kemarin (24/3).
Nantinya, para pekerja seni yang terlibat di kawasan tersebut akan memperoleh penghasilan dari pemberian para tamu. Oleh karena itu, peningkatan kunjungan akan berpengaruh dengan penghasilan yang didapat. Sebab, konsep trotoar sudiman, memang sengaja dibuat untuk kuliner dan seni. 
“Kami bagi jadi tiga blok. Berdasarkan penggal jalan. Mulai dari seberang IP hingga Yamaha, blok 1. Lalu Blok 2 depan PD Serinanti Indah dan terus sampai blok 3 di seberang RM Sederhana. Yang akan diisi dua pengisi acara di masing-masing blok. Namun memang, sementara ini baru dua blok yang terisi,” katanya. Dalam rapat kemarin, diketahui jika 14 booth kuliner siapnya untuk malam minggu.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani, menyatakan untuk memaksimalkan hal Pedestrian Wisata Sudirman, pihaknya berharap dukungan dari masyarakat. Mulai dari situasi dan keamanan, serta kebersihan, sehingga torotar wisata ini nantinya benar-benar layak dan bisa dijadikan destinasi wisata bagi para pendatang yang masuk ke kota Palembang. 
“Ini upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan potensi yang kita miliki. Dengan ramai dan berisi sejumlah atraksi di malam hari, tentu bisa menarik minat wisatawan,”kata Isnaini, kemarin.

Kata dia, sudah banyak seniman baru yang mendaftar untuk performance di Pedestrian Wisata Sudirman. “Silahkan siapa saja yang ingin bergabung disini, dengan catatan mereka dapat tampil dengan pakaian berciri khas Palembang,” tambahnya.
Dengan cara ini dapat meningkatkan income para seniman dengan cara yang elegant, karena tampil sesuai kemampuannya. Disamping meningkatkan PAD Palembang karena berimbas pada kunjungan wisata.
Untuk itu, selain para komunitas seniman, pihaknya berkeinginan menggandeng Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Sumsel. Agar mengajak wisatawan datang ke tempat pertunjukan tersebut yang menjadi destinasi wisata baru. 
Dari evaluasi pembukaan Rabu malam lalu, menurutnya beberapa hal memang masih akan dilakukan pembenahan. Khususnya kantong parkir di kawasan tersebut, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dari pengunjung, baik warga lokal maupun pendatang. 
Kawasan Jl Kol Atmo, dipilih menjadi kantong parkir utama, mengurangi kepadatan kendaraan yang parkir di Jl Sudirman. “Nah, itu yang kita koordinasikan dengan Dishub. Rencananya, nanti di sana tidak ada parkir dan dialihkan ke Jl Kol Atmo. Sehingga, walaupun jadi destinasi wisata, tidak mengganggu arus lalu lintas,” katanya. (aja/uni/air/ce1)

Sumber http://www.sumeks.co.id/index.php/metropolis/31553-ramaikan-malam-minggu-di-sudirman#sthash.TQJ8K56G.dpuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s